Sabtu, 22 Januari 2011

Takutnya Para Nabi dan Malaikat ( 3 )

Abdul aziz bin Umar berkata, "tatkala nabi Dawud memperoleh kesalahan, maka berkuranglah merdu suaranya. Lalu ia berdoa," Wahai Tuhanku, perbolehkanlah suaraku dalam kebersihan suara orang-orang shidiq".
Diriwayatkan bahwa nabi Dawud AS manakala telah lama tangisannya dan tidak bermanfaat yang demikian, lalu sempitlah baju besinya dan bersangatan gundahnya. Maka beliau berdoa, "Wahai Tuhanku tidakkah Engkau mengasihani tangisanku ?"
Maka Allah SWT menurunkan wahyu kepadanya, "Wahai Dawud, engkau lupa akan dosa engkau dan engkau ingat akan tangisan engkau".
Nabi Dawud AS berdoa, "Wahai Tuhanku dan Penghuluku, bagaimana aku lupa akan dosaku. Dan aku apabila membaca kitab Zabur niscaya ia mencegah air yang mengalir dari mengalirnya, menenangkan hembusan angin dan burung menaungi di atas kepalaku. Dan aku menjinakkan binatang-binatang liar ke tempat shalat (mihrab) ku. Wahai tuhanku dan Penghuluku maka apakah keliaran ini yang ada di antara aku dan Engkau".
Maka Allah SWT menurunkan wahyu kepada nabi Dawud AS "Hai Dawud, itu adalah kejinakan tha'at dan ini keliaran maksiyat. Hai Dawud, Adam itu makhluk dari ciptaan-Ku. Aku ciptakan ia dengan Tangan (kekuasaan) Ku, Aku hembuskan kepadanya dari Ruh-Ku. Aku suruh sujud kepadanya para malaikat-Ku. Aku pakaiakan kepadanya kain kemuliaan-Ku, Aku letakkan mahkota kepadanya dengan mahkota kemuliaan-Ku. Ia mengadu kepada-Ku akan kesendirian maka aku kawinkan ia dengan Hawa hamba wanita-Ku. Aku tempatkan dia di surga-Ku. Maka ia berbuat maksiyat kepada-Ku. Lalu Aku usir dia dari tetanngga-Ku dengan tanpa pakaian dan hina. Hai Dawud, dengarlah dari Aku. Yang benar Aku firmankan : Engkau ta'at kepada Kami maka Kami baik kepada engkau. Engkau minta kepada Kami maka Kami beri engkau. Engkau berbuak maksiyat kepada Kami maka Kami perlahan-lahankan kepada engkau. Dan kalau engkau kembali kepada Kami atas apa yang ada dari engkau niscaya engkau Kami terima."
Yahya bin Abi katsir berkata, "Telah sampai kepada kami riwayat bahwa nabi Dawud AS apabila ia bermaksud meratap niscaya ia berhenti sebelum itu selama seminggu, tidak makan makanan, tidak meminum minuman dan tidak mendekati wanita. Apabila ia sehari sebelum itu, maka dikeluarkan mimar baginya di tanah lapang. Maka ia suruh Sulaiman supaya mengumumkan dengan suara yang meminta kedatangan para tamu dari negeri itu dan sekelilingnya yaitu dari semak-semak, bukit-bukit, gunung, padang sahara, candi-candi dan biara-biara maka diserukan kepada mereka 'Ketahuilah siapa yang ingin mendengarkan ratapan Dawud maka datanglah !"'
Yahya bin Abi Katsir meneruskan ceritanya. "Maka datanglah binatang-binatang liar dari padang sahara dan bukit-bukit dan datanglah binatang buas dari semak-semak dan datanglah binatang yang melata dari gunung-gunung dan datanglah burung-burung dari sarangnya. Dan datanglah anak - anak gadis dari pingitannya dan berkumpulah manusia pada hari itu. Kemuidan datanglah nabi Dawud naik lalu naik mimbar sedangkan ia dikelilingi Bani Israil (kaum Yahudi). Setiap bahagian mengelilingi nabi Dawud AS pada batasnya dan nabi Sulaiman berdiri setentang kepalanya. Lalu nabi Dawud AS memuji Tuhannya maka gemparlah mereka itu dengan tangisan dan pekikan. Kemudian nabi Dawud memnyebut surga dan neraka maka matilah binatang-binatang yang menjalar dan segolongan dari binatang liar, binatang buas dan manusia. Kemudian nabi Dawud AS menerangkan tentang huru hara hari kiyamat dan pada meratapi dirinya. Maka matilah dari setiap macam mereka itu satu golongan. Maka tatkala nabi Sulaiman AS melihat banyaknya yang mati lalu berkata, "Wahai ayahku, ayah telah merobek-robekkan para pendengar itu dengan setiap robekan. Dan telah mati beberapa golongan dari Bani Israil dan dari binatang-binatang liar dan binatang-binatang yang menjalar"'.
Maka nabi Dawud AS berdoa. Dalam keadaan dia yang demikian, tiba-tiba ia dipanggil oleh sebagian budak-budak bani Israil "Hai Dawud, engkau terlalu cepat meminta balasan dari Tuhan engkau".
Yahya bin Abi Katsir meneruskan riwayatnya, "Maka Nabi Dawud AS jatuh tersungkur dalam keadaan pingsan. Maka tatkala nabi Sulaiman AS melihat apa yang menimpa ayahnya lalu ia mendatangkan tempat tidur dan diletakkannya nabi Dawud AS di atasnya. Kemudian nabi Sulaiman AS menyuruh orang yang menyeru sebagai berikut, 'Ketahuilah barang siapa yang berteman dengan nabi Dawud AS maka hendaklah mendatangkan tempat tidur, maka hendaklah membawanya ke tempat tidur itu. Sesungguhnya orang-orag yang berada bersama nabi Dawud AS mereka itu telah terbunuh / mati oleh karena menyebutkan surga dan neraka'".
Adalah seorang wanita mendatangkan tempat tidur dan dibawanya familinya dengan tempat tidur itu seraya mengatakan,"Wahai orang yang terbunuh dengan menyebutkan neraka ! Wahai orang yang terbunuh karena ketakutan kepada Allah SWT.
Kemudian tatkala nabi Dawud AS telah siuman dari pingsannya lalu bangun berdiri dan meletakkan tangnnya di atas kepalanya. Ia masuk ke tempat ibadahnya dan mengunci pintunya dan berdoa, "Wahai Tuhan Dawud, adakah Engkau marah kepada Dawud ?". dan senantiasalah ia bermunajah kepada Tuhannya.
Maka datanglah Sulaiman dan duduk di pintu dan meminta izin masuk, dengan membawa roti sya'ir lalu ia berkata, "Hai ayahku, kuatkan dirimu dengan ini, menurut kehendak ayah". Lalu nabi Dawud AS memakan roti tersebut kemudian keluar menemui Bani Israil dan berada diantara mereka.
Yazid Ar-Raqqasyi berkata : Pada suatu hari nabi Dawud AS keluar menemui orang banyak. Beliau memberikan pengajaran kepada mereka dan memberi berita takut. Lalu Beliau keluar pada manusia yang berjumlah 40.000 orang, maka matilah 30.000 orang diantara mereka. Dan Beliau pulang bersama orang dalam jumlah 10.000.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar