Sabtu, 22 Januari 2011

Takutnya Para Nabi dan Malaikat ( 2 )

Mujahid berkata, "Nabi Dawud menangis 40 hari dalam bersujud tiada mengangkat kepalanya. Lalu ia dipanggil "Hai Dawud, adakah engkau lapar hingga engkau diberi makan ? atau engkau haus hingga engkau diberi minum? Atau engkau tiada berpakaian hingga engkau diberi pakaian ?" Lalu Nabi Dawud AS memekik keras dengan suatu pekikan yang mengeringkan kayu maka kayu itu terbakar dari kepanasan takutnya. Kemudian Allah SWT menurunkan taubat kepadanya dan ampunan. Maka ia berdo'a, "Wahai Tuhan jadikanlah kesalahanku dalam telapak tanganku". Maka jadilah kesalahannya tertulis di telapak tangannya. Maka tidaklah ia membuka telapak tangannya untuk makan, minum dan lainnya melainkan ia melihat kesalahannya yang membawanya kepada menangis.
Mujahid meneruskan riwayatnya "dan dibawa kepada Nabi Dawud AS gelas yang berisi dua pertiganya. Maka apabila ia memegangnya lalu ia melihat kesalahnnya. Maka tidaklah diletakkannya gelas itu pada bibirnya sampai penuh gelas itu dengan air matanya".
Diriwayatkan dari nabi Dawud AS bahwa ia tidak pernah mengangkat kepalanya ke langit sampai ia wafat karena malu kepada Allah SWT. Ia mengucapkan dalam munajahnya, "Wahai Tuhanku apabila aku ingat kesalahanku, niscaya sempitlah bumi bagiku dalam kelapangannya. Dan apabila aku ingat akan rahmat-Mu niscaya kembalilah nyawaku kepadaku. Maha Suci Engkau wahai Tuhanku. Engkau datangkan tabib-tabib hamba Engkau untuk mengobati kesalahanku, maka mereka semua menunjukkan aku kepada Engkau. Maka sialah orang-orang yang berputus asa dari rahmat Engkau".
Al Fudhail berkata, "Bahwa sampai kepadaku, pada suatu hari nabi Dawud AS mengingati dosanya. Maka ia melompat dengan memekik dan meletakkan tangannya ke atas kepalanya sehingga ia sampai di perbukitan lalu berkumpulah binatang buas kepadanya. Maka nabi Dawud AS berkata, "Pulanglah, aku tiada berkehendak kepadamu. Sesungguhnya yang aku kehendaki adalah setiap orang yang menangis di atas kesalahannya. Maka mereka tiada menghadap kepadaku selain dengan tangisan. Dan siapa yang tiada memiliki kesalahan maka tidak diperbuatnya akan kesalahan dengan Dawud".
Adalah nabi Dawud As mencela tentang banyaknya tangisan . beliau berkata, "Tinggalkanlah aku menangis sebelum keluar hari tangisan, sebelum perobekan tulang belulang dan nyala terbakarnya perut, dan sebelum disuruh kepadaku malaikat yang bersikap kasar dan keras. Mereka itu tiada mendurhakai Allah terhadap apa yang diperintahkan-Nya dan mereka melakukan apa yang disuruhkan".

Tidak ada komentar:

Posting Komentar